Minggu, 04 Desember 2011

Ajaibnya Ginjal



Manusia lahir dilengkapi dengan sepasang ginjal, yang terletak sebelah kiri dan kanan daerah pinggang. Dan sepasang ginjal ini akan bekerja menyaring darah sekitar 189,3 liter per hari. 

Normalnya, orang dewasa memiliki volume darah sebanyak 5-6 liter. Seluruh darah akan dipompa melalui ginjal sebanyak 35 kali dalam satu hari. Volume total tersebut, dengan 1% nya (kira-kira 1,9 liter) merupakan zat-zat yang tidak dipakai lagi yang sudah diubah dalam ginjal dan selanjutnya akan dikeluarkan menjadi urin.



Zat buangan merupakan hasil saringan unit-unit pembuluh darah yang sangat kecil (disebut dengan nefron), yang juga akan menyaring natrium, fosfor dan kalium agar kembali lagi kedalam aliran darah. Jadi, ginjal juga berguna untuk memelihara kadar mineral tersebut dalam darah. Keseimbangannya harus tetap dijaga.

Sebagian besar penyakit pada ginjal akan menyerang nefron-nefron sehingga kemampuan mereka menyaring pun akan terganggu. kerusakan pada nefron mungkin bisa terjadi sangat cepat, yang sering disebabkan oleh cidera maupun keracunan. Tetapi sebagian besar penyakit pada ginjal akan menghancurkan nefron-nefron tersebut secara perlahan. Kadang memerlukan waktu bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun sebelum kerusakan tersebut akan tampak.

1 komentar:

  1. Terima Kasih Sangat Bermanfaat ni..!!

    http://produkherbaltop.com/

    BalasHapus