Selasa, 13 Desember 2011

Menangkal kolesterol lewat makanan


Satu bukti lagi bahwa sayuran mutlak harus anda konsumsi. Sebuah studi dari Canada menunjukkan bahwa kombinasi diet yang terdiri dari sayuran, kacang-kacangan, protein kacang kedelai, oats dan barley dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 29%. Sama dengan hasil yang dicapai dari pengobatan untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi.

Kombinasi diet tersebut bisa dijadikan alternatif pengobatan tanpa obat untuk memerangi tingginya kadar kolesterol. Hasil studi ini diterbitkan dalam jurnal metabolism. Para periset di university of toronto dan st. Michael`s Hospital telah mengukur kadar kolesterol sebanyak 13 orang yang telah menjalani kombinasi diet seperti di atas selama sebulan. Diet tersebut meliputi sayur-sayuran seperti brokoli, wortel, paprika merah, tomat, bawang bombay, kembang kol, okra, dan terong.

Selain itu diet yang terdiri dari oats, barley dan psyllium; sayuran yang mengandung margarin; protein kedelai dari hasil produknya misalnya susu kacang kedelai, sosis kedelai dan hamburger kacang kedelai, serta almons.

Para ilmuwan telah mengetahui bertahun-tahun bahwa secara individual, tiap kelompok makanan tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol sebesar 4-7%. Ini merupakan studi pertama yang dilakukan untuk mengetahui guna dari diet kombinasi. Periset dari Canada juga merencanakan untuk mengetahui efek-efek dari diet kombinasi ini selama lebih dari enam bulan. Termasuk bagaimana cara menerapkan diet tersebut ke dalam menu makanan sehat sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar