Rabu, 14 Desember 2011

Asal Mula Virus HIV (AIDS)



Acquired immunodeficiency syndrome sindrom defisiensi imun (AIDS) adalah penyakit manusia sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV). Penyakit ini mengganggu sistem kekebalan tubuh membuat banyak orang dengan AIDS lebih mungkin untuk mendapatkan infeksi , termasuk infeksi oportunistik dan tumor yang tidak mempengaruhi orang dengan sistem kekebalan tubuh bekerja. Kerentanan ini semakin buruk sebagai penyakit terus.

HIV ditularkan dalam melalui banyak hal, seperti dubur , vagina atau mulut seks , transfusi darah , terkontaminasi jarum suntik , pertukaran antara ibu dan bayi selama kehamilan , melahirkan , dan menyusui . Hal ini dapat ditularkan oleh kontak dengan membran mukosa atau aliran darah dengan cairan tubuh yang memiliki virus di dalamnya, seperti darah , air mani , cairan vagina , cairan preseminal , atau ASI dari orang yang terinfeksi.

Virus dan penyakit sering disebut bersama sebagai HIV / AIDS. Penyakit ini merupakan masalah kesehatan utama di banyak bagian dunia, dan dianggap sebagai pandemi , wabah penyakit yang tidak hanya hadir di wilayah yang besar, tetapi secara aktif menyebar. Pada tahun 2009, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Diperkirakan ada 33,4 juta orang yang hidup di seluruh dunia dengan HIV / AIDS, dengan 2,7 juta infeksi HIV baru per tahun dan 2,0 juta kematian tahunan akibat AIDS. Pada tahun 2007, UNAIDS diperkirakan: 33,2 juta orang di seluruh dunia menderita AIDS tahun itu; AIDS menewaskan 2,1 juta orang dalam perjalanan tahun itu, termasuk 330.000 anak-anak, dan 76% dari kematian terjadi di sub-Sahara Afrika . Menurut laporan UNAIDS 2009, di seluruh dunia sekitar 60 juta orang telah terinfeksi sejak awal pandemi, dengan sekitar 25 juta kematian, dan 14 juta anak-anak yatim piatu di Afrika Selatan saja.

Penelitian genetika menunjukkan bahwa HIV berasal dari Afrika tengah-barat pada akhir abad kedua puluh kesembilan belas atau awal. AIDS pertama kali diakui oleh AS Centers for Disease Control dan Pencegahan pada tahun 1981 dan penyebabnya, HIV, yang diidentifikasi dalam awal tahun 1980-an.

Meskipun pengobatan untuk HIV / AIDS dapat memperlambat perjalanan penyakit, tidak ada obat yang diketahui atau vaksin HIV . antiretroviral pengobatan mengurangi baik kematian dan infeksi baru dari HIV / AIDS, tetapi obat ini mahal dan obat yang tidak tersedia di semua negara. Karena kesulitan dalam mengobati infeksi HIV, mencegah infeksi adalah tujuan kunci dalam mengendalikan pandemi AIDS , dengan organisasi kesehatan mempromosikan seks aman dan jarum program pertukaran dalam upaya untuk memperlambat penyebaran virus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar